Sunday, July 6, 2014

Selamat Datang Satrio Piningit (?)



Sekitar pertengahan 2003, kunjungan terakhir saya dalam rangkaian penelitian skripsi di Dieng tentang Mitos Anak Gembel. Kunjungan kali ini sebenarnya hanya untuk silaturahmi dan konfirmasi data-data yang telah saya kumpulkan lebih kurang sekitar 2 tahun di Dieng. 

Pada saat itu bangsa Indonesia sedang bersiap menghadapi Pemilu Presiden. Kalo tidak salah ingat waktu itu SBY yang menjabat sebagai Menkopolkam mengundurkan diri karena hendak mencalonkan diri sebagai Presiden. Megawati kabarnya agak tersinggung dan sejak itu hubungan keduanya memburuk.

Tentang kepemimpinan Indonesia, Joyoboyo meramalkan akan munculnya Satrio Piningit yang nanti akan membawa Indonesia kemasa keemasannya. Ramalan itu dituliskan ulang oleh Raden Ngabehi Ronggowarsito. Sebenarnya saya tidak terlalu percaya dan cenderung menolak ramalan tersebut. Konsep satrio pingit sebagai Ratu Adil menunjukan kepasrahan masyarakat terhadap kemakmuran bangsanya sehingga mengharapkan pertolongan dari sosok hebat seperti Satrio Piningit.