Saturday, April 9, 2011

Natuna - Anambas : SurgaTersebunyi di Utara

Dulu kawasan ini terkenal dengan para Lanun-nya, yaitu bajak laut. Wilayah yang terletak di Laut Cina Selatan diantara Malaysia, Vietnam, P. Kalimantan ini terdiri atas 7 pulau besar, yaitu : 1. Bunguran, 2. Serasan, 3. Midai, 4. Subi, 5. Matak, 6. Siantan, dan 7. Jemaja. 4 pulau pertama termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Natuna, sedangkan Matak, Siantan dan Jemaja sejak 2008 termasuk dalam wilayah administratif Anambas setelah melalui pemekaran dari Kab. Natuna.

Untuk mencapai wilayah Kab. Natuna bisa ditempuh melalui pesawat dari Batam atau Tanjung Pinang ke Pelabuhan Udara di Ranai. Atau bisa dengan kapal laut dari Tanjung Priok dengan waktu tempuh 3-4 hari.
Sedangkan untuk ke Anambas, ada bandara Conoco di P. Matak dan pelabuhan di Siantan dan Jemaja. 

Mei - Juni 2007 saya berkesempatan untuk mengelilingi wilayah Anambas dan P. Bunguran dan sekitarnya selama sebulan. Sayang waktu itu tidak sempat ke P. Serasan, Midai dan Subi.

Tapi perjalanan mengelilingi kawasan Anambas + Bunguran sudah sangat cukup untuk membuka mata saya bahwa di wilayah paling utara Indonesia ini, yang berbatasan langsung dengan laut Vietnam dan Malaysia, tersimpan mutiara wisata yang selama ini tidak banyak diketahui orang.

Berbagai pantai dengan pemandangan yang aduhai dan penduduknya yang ramah bersahabat membuat saya betah berlama-lama di sana. Catatan perjalanan saya selama di sana akan diposting dalam tulisan terpisah. Sekarang coba dinikmati dulu beberapa foto-foto yang sedikit menggambarkan wilayah tersebut.



Pantai Tanjung Momong - Siantan - Anambas