Wednesday, August 3, 2011

Kenapa Terpilih Menjadi Petualang ACI ??



Program Aku Cinta Indonesia (ACI) dari Detik.com adalah sebuah program yg mengirimkan beberapa orang yg disebut petualang untuk berkeliling segala penjuru Indonesia. Program ini dimulai tahun 2010. dari hampir 70 ribu pendaftar, 66 petualang terpilih saat itu yg terbagi atas 33 tim dan dikirimkan ke 33 wilayah di Indonesia. 


Banyak orang-orang bertanya, kenapa saya dan 65 orang lainnya bisa terpilih. Apakah karena kami ganteng dan cantik? Faktor ini sangat jelas bukan alasannya. Atau apakah karena kami adalah para petualang yang mempunyai jam terbang tinggi yg identik dengan kekuatan dan ketangguhan fisik ? Ini juga bukan, karena diantara kami ada juga yang bukan anak gunung atau punya fisik kuat.




Press Confrence ACI 2010



Atau karena kami hanya sekedar beruntung? sampai ada yang menjuluki kami sebagai lucky bastard. Mungkin ada faktor keberuntungan di sini. Tapi saya percaya tidak ada yang namanya keberuntungan, yg ada hanyalah kehendak-Nya.
Lalu apa yang membuat kami akhirnya terpilih untuk menjalani salah satu pekerjaan terbaik di dunia? 


Kami awalnya juga tidak ada yang tahu pasti. Sampai suatu hari sebuah email masuk ke inbox kami dari pihak Detikcom. Email tersebut menjelaskan kenapa kami terpilih. Sebuah alasan yang abstrak. 


Tapi setelah hampir setahun bercengkrama dengan 65 orang petualang ACI 2010, saya mengakui kebenaran isi email tersebut. 66 orang yang terpilih benar-benar mempunyai semangat positif dan rasa cinta yang luar biasa terhadap bangsa dan tanah air Indonesia ini. Walau berasal dari Aceh sampai Papua, dari berbagai suku bangsa, berbagai golongan usia tapi saya merasakan hangatnya semangat kebersamaan dan semangat positif dari mereka. 
Sebuah tulisan dari Dadang Lesmana, petualang yang terpilih menjelajahi Papua Barat sangat cukup untuk menggambarkan itu


Saat tulisan ini saya buat, 3 Agustus 2011, 750 finalis Petualang ACI 2011 sedang deg-degan menunggu hasil seleksi yang akan diumumkan tanggal 18 Agustus 2011 nanti. 
Semoga 60 Petualang ACI 2011 yang terpilih nanti mempunyai semangat positif dan cinta Indonesia yang lebih edan dari sebelumnya. Melihat sekilas para finalis ACI 2011 ini saya sangat percaya hal itu akan terjadi. 


Para finalis ACI 2011, Percayalah, semangat positif yang ada dalam diri anda dan rasa Cinta terhadap Indonesia akan akan membawa anda menikmati indahnya alam dan kayanya ragam budaya Indonesia. 
Walau anda tidak terpilih nanti, bukan berarti berhenti mencintai tanah air Indonesia. ACI bukan hanya satu-satunya jalan. Tuhan sudah mengatur yang terbaik untuk anda semua.




berikut email yang kami terima dari pihak Detikcom tahun kemarin. 


Sep 30, 2010 at 8:57 AM

Dear teman-teman Petualang Aku Cinta Indonesia,

Sampai saat ini masih banyak yang bertanya kepada kami, apa yang membuat seseorang dapat terpilih menjadi salah satu dari 66 Petualang ACI.

Apakah harus orang cantik, ganteng, terkenal, mampu secara finansial, biasa travelling, punya kemampuan menulis dan fotografi, dan lain sebagainya?

Bukan! Bukan itu. Kami mencari orang-orang yang memiliki energi positif yang luar biasa. Yang memiliki semangat dan tidak kenal kata menyerah. Yang mau berbagi setiap jengkal pesona Indonesia ketika orang lain sibuk saling mencerca.

Baru beberapa hari perjalanan, kami bisa menyadari pilihan kami sudah tepat. Di tengah jadwal perjalanan yang padat, kondisi jalan yang kurang baik, dan kendala komunikasi, teman-teman masih terus berkomitmen berbagi cerita, menularkan semangat Aku Cinta Indonesia.

Jangan hiraukan comment negatif yang muncul. Masih luar biasa banyak orang-orang yang terinspirasi dengan cerita dan foto teman-teman. Sejak hari perjalanan pertama, email-email terus masuk ke kami untuk menanyakan bagaimana cara bergabung menjadi Petualang ACI.

Kami -sebagai bagian dari bangsa Indonesia- sangat berterima kasih atas tulisan dan foto yang teman-teman hasilkan. Di tengah terjangan kabar buruk negeri ini, kami sangat membutuhkan cerita yang bisa membuat kami tersenyum. Cerita yang bisa membuat kita semua bangga berkata, Aku Cinta Indonesia :)


Detikcom