Sunday, July 31, 2011

Bencana Purba, Minerba Dan Kemajuan Teknologi Di Kerajaan Pagaruyung

ini hanya sebuah link tulisan dari situs http://www.sigapbencana-bansos.info
sebuah ulasan menarik dari Ir. M. Anwar Syadat (Asisten Stafsus SKP BSB)



Bencana Purba, Minerba Dan Kemajuan Teknologi Di Kerajaan Pagaruyung


Ekspedisi Sir Thomas Stamford Raffles ke Minangkabau, 1818
Sejak ditempatkan di Penang oleh East India Company (EIC) Sir Thomas Stamford Raffles merasakan kecintaan kian membesar terhadap kebudayaan Melayu yang menurutnya sedang mengalami kemerosotan karena pengaruh buruk monopoli Belanda. Oleh sebab itulah Raffles berusaha keras mempertahankan pengaruh Inggris atas dunia Melayu. Puncak dari upayanya ini adalah pembentukan koloni Inggris di Singapura guna memastikan agar Inggris berperan besar di Selat Malaka. Di samping itu, setahun sebelumnya, Raffles menempuh langkah penuh semangat yang belum pernah pernah ada di Sumatra, yakni ekspedisi ke dataran tinggi Minangkabau. Bersama Lady Raffles, disertai seorang naturalis bernama Thomas Horsfield dan serombongan staf, Raffles berlayar meninggalkan Bengkulu menuju Padang pada awal Juli 1818. Catatan perjalanan ini dikirimkan Raffles kepada Duchess of Somerset, peindungnya, dalam sepucuk surat panjang pada September 1818.


selanjutnya baca di SINI

Thursday, July 21, 2011

Maestro Karawitan Bali : I GEDE DEWA NEGARA


tulisan ini merupakan bagian dari buku 
"9 Pengabdi Seni Menuju Keabadian. Inspirasi dari 9 Seniman Asli Bali"
terbitan PT. Bakrie Telecom, Tbk
Tulisan dan Foto oleh Yudi Febrianda




 Desa adat Bambang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli menjadi lebih dikenal masyarakat luas di Bali dengan hadirnya seorang seniman tabuh gender bernama  I Dewa Gede Negara.  I Gede Dewa Negara yang lahir, besar dan hingga kini tinggal di desa tersebut bersama istrinya, Made Tirta, sampai saat ini masih aktif dalam kegiatan kesenian, khususnya seni tabuh gender, dan kegiatan pertukangan serta bertani. Usia nya yang sudah 80 tahunan sepertinya tidak berhasil mengurangi semangat hidup I Gede Dewa Negara. Anaknya yang berjumlah 5 (lima) orang sedari kecil sudah terbiasa dengan kegiatan kesenian sang ayah, bahkan beberapa anaknya juga terbiasa terlibat dalam kegiatan tersebut dan 3 orang diantaranya saat ini telah turut melestarikan budaya Bali yaitu I Dewa Gede Darmawan (undagi/pembuat pengusung jenazah), I Dewa Gede Darmayasa (seni tabuh) dan Dewa Ketut Kadiri (seni ukir).

Tuesday, July 19, 2011

Petualang ACI DetikCom : The Best Job In The World!

 merupakan tulisan dari ACI Detik.Com

KudaLiar berfoto bersama Kuda Liar di Sumbawa


Nusa Tenggara Barat - Berpetualang menjelajahi Nusantara adalah cita-cita, bahkan menjelma menjadi obsesi saya. Sejak kecil saya sering sirik dengan bule-bule yang bisa bebas berkeliling Indonesia dan mengeksplorasi keindahan alam budaya bangsa ini.

Ketika seorang teman memberitahu ada program Aku Cinta Indonesia dari detik.com yang menawarkan keliling Indonesia gratis, adrenaline saya langsung memuncak. Ini yg saya cari! Saya langsung mendaftar dengan penuh keyakinan. Tahap demi tahap dilalui, dan Alhamdulillah saya akhirnya terpilih menjadi salah satu dari 66 petualang yang akan dikirimkan ke seluruh penjuru Indonesia. Saya bersama rekan satu tim saya, Hanindita, akan dikirimkan ke Propinsi Nusa Tenggara Barat selama 14 hari dan termasuk kloter kedua. Kami akan menjelajahi pulau Sumbawa sampai pulau Lombok dengan puluhan objek-objek menarik.


Sunday, July 3, 2011

Tarempa : Kota Penikmat Kopi

*tulisan ini dimuat di majalah online “the Travelist” edisi 1



Ketika saya pertama kali menginjakan kaki di Tarempa setelah turun dari pompong (perahu motor) atau kapal laut, kesan pertama yang tertangkap adalah orang Tarempa sangat menyukai aktifitas meminum kopi. Hampir di setiap sudut terdapat warung kopi. Sejak pagi sampai sore warung-warung kopi ini tak pernah sepi.